Saturday, September 8, 2007

Koneksi Internet dengan HP CDMA (Bagian 1)

Dalam postingan yang lalu saya sudah membahas tentang koneksi internet dengan telpon rumah. Kali ini saya akan membahas koneksi internet dengan menggunakan HP CDMA. Untuk itu, Anda perlu memiliki HP CDMA yang telah dilengkapi dengan modem, seperti Nokia 2116 atau Nokia 6585.

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Ikutilah tahapan-tahapan berikut ini:

Tahap I (Instalasi Kabel Data):

1. Installah driver kabel data/bluetooth/infrared, tergantung jenis media apa yang Anda gunakan untuk menghubungkan HP dengan komputer. Dalam contoh praktek ini kita akan menggunakan kabel data sebagai penghubung (Jenis kabel data tergantung pada merk dan tipe HP yang digunakan. Ada yang menggunakan kabel DKU-2, DKU-5, CA-42, CA-43, dan lain sebagainya. Untuk mengetahuinya, Anda bisa membaca buku manual yang disertakan pada saat membeli HP). Bagi Anda yang menggunakan bluetooth atau infrared, Anda tidak perlu khawatir karena prinsip kerja dan proses instalasinya sama saja.

2. Setelah driver terinstal, coba Anda cek pada Device Manager port COM yang digunakan oleh kabel data tersebut. (Untuk masuk ke Device Manager, klik kanan My Computer, pilih Properties, pilih Hardware, dan klik Device Manager.) Ingatlah Port COM yang digunakan tersebut karena hal ini akan berguna saat instalasi modem pada tahapan selanjutnya. Misalnya, pada contoh ini Port yang digunakan adalah COM6.


1 comment:

sachroel said...

kalo pake cara seperti di atas, itu tiap bulan kira2 tagihan nya berapa mas?